Selasa, 12 Maret 2013

Itik Mojosari

Itik Mojosari

Itik Mojosari merupakan itik lokal yang berasal dari desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto - Jawa Timur. Itik ini merupakan dalam kategori petelur unggul sehingga banyak diminati konsumen, walaupun jika dilihat dari segi badan itik ini lebih kecil dari itik petelur lainnya. Walaupun badannya lebih kecil dari itik-itik lainnya, itik Mojosari mempunyai kelebihan, diantaranya bentuk telurnya sangat besar, warna kerabang telur kehijau-hijauan, rasa telunya juga enak. Itik Mojosari, apabila di gembalakan di area persawahan yang subur, itik ini mampu menghasilkan telur rata-rata 200 butir per ekor per tahun. Dengan dipelihara secara intensif, produksi telurnya bisa meningkat rata-rata sampai 265 butir per ekor per tahun.

Masa awal produksi itik ini sekitar 6 bulan dan biasanya setelah itik mencapai umur 7 bulan produksinya mulai stabil dan banyak. Seandainya dari segi perawatan baik dan tidak ada kesalahan produksi telur dapat mencapai rata-rata 70-80% per hari dari seluruh produksi.

Warna bulu itik jantan dan betina jenis ini tidak berbeda, umumnya berwarna kemerahan dengan variasincoklat, hitam dan putih. Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis kelamin ini diantaranya 1-2 bulu ekor yang melengkung ke tas pada itik jantan, adapun paruh dan kakinya berwarna hitam.

# Semoga bermanfaat #


Tidak ada komentar:

Posting Komentar