Selasa, 12 Maret 2013

Itik Cirebon ( Rambon )

Itik Cirebon ( Rambon )

Itik Rambon memiliki bentuk tubuh langsing, tingginya 45-50 cm dan langkahnya tegap. Jika di lihat dari arah kepala, leher, punggung, dan terus ke belakang, bentuk tubuhnya mirip seperti botol dengan kepala kecil, mata terang, serta lehernya kecil bulat. Pada itik rambon memiliki ciri khusus yaitu pada saat itik masih berumur 4-6 bulan memilki bulu sayap berwarna putih.

Pada itik pejantan biasanya terdapat 2-3 helai bulu ekor yang mencuat ke atas yang biasanya disebut bulu luncur, sementara pada itik betina tidak ada. Ciri lain dari itik pejantan ini adalah bulunya kebanyakan berwarna coklat mengkilap dengan  bulu di leher dan kepala berwarna hitam.

Jenis itik Rambon banyak dijumpai di daerah Jawa Barat, terutama di daerah Cirebon sebagai daerah asal dan banyak juga di ternak di daerah Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, Karawang, Bekasi dan Banten.

Itik Rambon mencapai dewasa kelamin pada umur 140 hari. Itik ini mulai bertelur pada umur 154 hari atau 22 minggu dengan masa produktif selama 10 bulan pertahun. Setelah itu, itik mengalami masa rontok bulu selama 2 bulan dan tidak menghasilkan telur. Produksi telur itik Rambon mencapai 256-260 butir per ekor per tahun dengan bobot telur mencapai 65-70 gram/butir dan kategori telur super.

# Semoga bermanfaat #

1 komentar: